Monday, June 9, 2014

Review Novel "Detektif Cilik IMUNG" Buku 01

Salam Reader,

Setelah disibukan dengan tugas kuliah yang numpuknya minta diacak-acak , akhirnya bisa nulis di blog juga. Ini pertama kalinya nulis di blog untuk ngereview sebuah novel yang dibeli 2 minggu yang lalu (kalau tidak salah haha) judulnya "Detektif Cilik IMUNG" Buku 01 : Pembajakan Pesawat Terbang karya Arswendo Atmowiloto, Beliau juga merupakan penulis novel "Keluarga Cemara" yang sudah diadaptasi kedalam sebuah serial televisi (bener-bener keren tuh jalan cerita sama penggarapannya). Novel ini bergenre misteri fiksi (saya nyebutnya sih gitu hehe) yang memecahkan kasus-kasus di lingkungan sekitarnya, sebut saja namanya Imung. Bocah itu tinggal sebuah kota kecil di daerah Jawa Tengah dengan berlatar belakang tahun 1970-1980an. 


Pertama kali mengelirik buku tersebut waktu lagi jalan-jalan ke toko buku buat refresing sekalian liat-liat novel lain juga sih, dan akhirnya dibeli juga. Sebenernya pertama tahu kalau novelnya bergenre misteri sih awal-awal pesimis karena jarang baca novel yang bergenre tersebut. Tapi setelah chapter pertama beres dibaca, lama-lama ketagihan baca lagi ke chapter selanjutnya karena penasaran sama kasus-kasus yang lain. 

Di dalam novel tersebut si imung merupakan seorang anak tunggal yang mempunyai otak cerdas. Dengan umur yang tergolong masih anak-anak, imung dianugrahi kemampuan dalam menganalisa suatu masalah secara terperinci. Tidak bisa dipungkiri lagi sih karena ayahnya merupakan seorang pensiunan kepolisian seperti pepatah 'Buah tidak akan jatuh jauh dari pohonnya' (bener gak sih pepatahnya?). Pada chapter pertamanya, imung dihadapkan dengan kasus yang aneh yaitu soal pencurian tapi dengan dibantu ke tiga temannya kasus tersebut terpecahkan dengan kemampuan menganalisa setiap kejadian-kejadiannya.

Pada Pertengahan chapter si imung pergi ke Jakarta untuk menemani ayanhnya yang diundang oleh sahabat seperjuangannya, di sana pun si imung dihadapkan dengan kasus-kasus yang tidak bisa dipecahkan oleh kepolisian tapi bisa dipecahkan olehnya lewat analisa yang tepat. Selanjutnya...........beli aja novelnya kalau penasaran okeh, ingat membaca itu gudangnya ilmu !!! haha

Novel ini diterbitkan oleh penerbit PlotPoint

No comments:

Post a Comment